Cara Backup dan Restore Percakapan Whatsapp Android

Thursday, December 15th, 2016 - Tips

Cara Backup dan Restore Data Percakapan di Aplikasi Whatsapp Android – WhatsApp saat ini menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan. Inilah yang menjadi alasan mengapa Facebook rela mengucurkan miliaran dolar demi mengakuisisi perusahaan tersebut. Aplikasi pesan instan satu ini menjadi pioner dimana pengguna bukan hanya dapat saling berkirim pesan, namun juga mengirim gambar, video, musik bahkan bercakap-cakap dalam satu group besar. Dan pula, WhatsApp kala itu menjadi satu-satunya aplikasi chat multi platform. Yang berarti, WhatsApp “mempersatukan” pengguna iOS, Blackberry, Windows Mobile serta Android dalam satu wadah komunikasi yang sama. Keren ya?

cara-melakukan-back-up-percakapan-whatsapp

Bila anda pun salah satu dari pengguna aktif WhatsApp, tentunya beberapa percakapan penting sering terjadi di aplikasi ini. Ini tentunya tak akan repot karena WhatsApp tak pernah meminta penggunanya untuk menghapus history percakapan atau yang lain. Namun bagaimana bila misalnya anda berganti gadget? Atau masih dengan gadget yang sama, namun ingin melakukan update Firmware atau Custom ROM? Sudah pasti semua data percakapan dan contact WhatsApp Anda akan hilang. Untuk kontak, karena WhatsApp tersinkronisasi dengan kontak telepon, anda dapat dengan mudah mendapatkan kontak anda kembali. Bagaimana dengan pesan atau percakapan?

Sebenarnya, seberapa penting sih backup tersebut? Backup tentunya akan mencegah anda kehilangan data atau file penting – terutama yang berkaitan dengan sistem bawaan dari smartphone. Nah lalu bagaimana dengan chat atau percakapan penting di group WhatsApp? Bisa di backup pula kah?

Tenang, dibawah ini kami memberi tutorial cukup mudah bagaimana untuk menyimpan serta me-restore data pengguna pada aplikasi pesan instan WhatsApp. Perhatikan tiap tahapannya dengan teliti ya.

  1. Pertama, klik ikon WhatsApp dan launch aplikasi seperti biasa.
  2. Berikutnya, tap pada ikon menu dan pilih Pengaturan atau Settings.
  3. Setelah itu, anda akan menemukan ada tab Chat Settings.
  4. Tap, dan anda akan menemukan pilihan untuk Backup Conversation, tap pada pilihan tersebut.
  5. Sudah. Saat ini data percakapan WhatsApp anda sudah tersimpan.

Nah, data backup WhatsApp ini dapat anda temukan di SD Card kemudian anda copy di PC atau media penyimpanan lain. Sehingga jika anda berganti ponsel atau melakukan update Firmware atau Custom ROM maka data percakapan pada WhatsApp akan tetap tersimpan dengan aman.

Untuk melakukan restore dari data WhatsApp pun caranya juga mudah. Ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

  • Pertama, pastikan anda belum menginstal aplikasi WhatsApp pada smartphone.
  • Berikutnya, copy file backup sebelumnya pada SD Card atau memori internal.
  • Setelah itu baru unduh dan instal aplikasi WhatsApp pada ponsel. Ketika proses instal berlangsung, maka akan muncul message yang menanyakan apakah pengguna ingin me-restore message history dari backup.
  • Tap Yes, dan secara otomatis maka backup file sebelumnya akan di-restore ke aplikasi WhatsApp yang baru diunduh.
  • Dan selesai! Di aplikasi WhatsApp yang baru sudah akan ada semua data percakapan dari aplikasi sebelumnya yang sudah di-backup.

Mudah sekali bukan? Tak perlu menginstal aplikasi tambahan, root atau recovery mode. Tidak mungkin gagal bukan dengan tutorial diatas? Nah sekian informasi kami mengenai Cara Backup dan Restore Data Percakapan di Aplikasi Whatsapp Android semoga bisa digunakan dengan bijak

Related Post

Cara Backup dan Restore Percakapan Whatsapp Android | | 4.5