Cara Backup Data Aplikasi dan Foto untuk HP Android

Wednesday, August 9th, 2017 - Tips

Cara Backup Data, Aplikasi dan Foto HP Android Termudah dan Aman – Ponsel android menjadi salah satu tempat untuk menyimpan data. Berbagai data penting seperti foto, kontak, aplikasi dan lain sebagainya. Pada suatu kondisi sebuah ponsel android bisa saja kehilangan data baik data akun google, aplikasi dan file karena berbagai hal. Kehilangan data tersebut bisa terjadi karena factory reset atau memang ponsel sedang mengalami gangguan sistem sehingga harus di instal ulang. Dimana kejadian factory reset dan sistem ponsel yang error seperti bootlop atau fastboot bisa terjadi kapan saja. Apalagi factory reset seringkali dilalukan pada pengguna android yang merasa ponselnya sudah mengalami penurunan performa. Maka dari itu perlu sekali untuk melakukan backup data hp android anda.

Untuk mencegah data yang hilang anda bisa memindahkan berbagai file atau aplikasi ke media penyimpanan lainya. Akan tetapi untuk data akun google seperti kontak dan aplikasi yang terinstal di playstore maka tidak bisa dipindahkan ke media penyimpanan lainya. Namun tenang saja anda bisa melakukan backup data hp android anda dengan menggunakan fitur backup data yang dimiliki oleh aplikasi pihak ketiga ataupun oleh google sendiri.

Melakukan backup memang seringkali diabaikan oleh banyak pengguna android, padahal tindakan tersebut merupakan tindakan yang penting untuk dilakukan. Dengan backup maka kita bisa bisa berjaga-jaga bisa suatu saat ponsel kita mengalami masalah seperti bootlop, fastboot ataupun melakukan hardreset sehingga data bisa hilang. Untuk melakukan backup itu mudah untuk dilakukan, pasalnya kita bisa memanfaatkan aplikasi andorid yang tersedia di playstore atau justru tinggal menggunakan fitur bawaan dari google itu sendiri. Berikut adalah Cara Backup Data, Aplikasi dan Aplikasi HP Android Termudah :

Backup Data Menggunakan Google Backup

Dalam sebuah sistem android sendiri telah diberikan sebuah fitur untuk melakukan backuo data android. Namun belum banyak pengguna android yang mengetahui hal tersebut. Untuk melakukanya pun mudah anda tinggal menjelajahi menu pengaturan ponsel android anda. Dimana rincian caranya yaitu dengan membuka menu “pengaturan/setting/setelan” lalu pilih “Backup and Reset”. Selanjutnya aktifkan fitur Backup My Data. Untuk pilihan automatic restore anda bisa menghidupkan atau menonaktifkanya.

Backup Foto

Selain data, foto juga sangat penting untuk dilakukan backup. Karena banyak foto foto menarik yang menyimpan sebuah kenangan sehingga jika terhapus tentu sangat merugikan. Untuk melakukan backup pada foto anda, kamu bisa memanfaatkan aplikasi dari google yaitu google foto. Dimana kamu dapat menyimpan foto anda di google foto hingga 1000 GB. Memori sebesar itu tentu dapat menyimpan ribuan foto anda. Selain google foto sebenarnya kamu juga bisa memanfaatkan penyimpanan online lainya semisal Flickr, Photobucket dan Dropbox. Namun selain menyiapkan penyimpanan online anda bisa melakukan backup ke penyimpanan fisik seperti flashdisk, hardisk atau memori.

Baca Juga : Cara Memperkecil Ukuran Video di Andorid dan PC Tetap Jernih

Backup aplikasi

Ketika kita berpindah dari ponsel android lama ke yang kamu maka untuk menginstal aplikasi kita harus mendownloadnya di playstore. Hal itu tentu akan menyita waktu dan kuota internet anda. Maka dari itu sebelum melakukan hard reset atau berpindah ponsel ada baiknya jika anda melakukan backup dari sebuah aplikasi. Hal itu akan mengehmat waktu anda karena anda tidak perlu mendownload lagi aplikasi tersebut. Dimana aplikasi yang dapat melakukan backup aplikasipun banyak dan beragam mulai dari clean master dan lainya.

baca Juga : Cara Membuat Dua Akun Instagram Dalam Satu HP Tanpa Aplikasi

Menggunakan Easy Backup & Restore

Aplikasi Easy Backup & Restore merupakan salah satu aplikasi yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan backup anda. Selain dapat melakukan backup terhadap data seperti kalender, kontak dan sms. Aplikasi Easy Backup & Restore juga dapat kamu fungsikan untuk membackup sebuah aplikasi.

Begitulah Cara Backup Data, Aplikasi dan Foto HP Android Termudah dan Aman yang kami bagikan diatas, semoga bisa dimanfaatkan dengan baik.

Related Post

Cara Backup Data Aplikasi dan Foto untuk HP Android | | 4.5