Cara Membuat Video Stop Motion di Android Dengan 2 Aplikasi

Saturday, June 17th, 2017 - Tips

Cara Membuat Video Stop Motion Keren Menggunakan Android atau iPhone – Saat ini industri video semakin kreatif, dimana muncul berbagai jenis video terbaru yang membuat anak muda semakin terhibur dan berkreasi. Salah satu video kreatif yang kita bahas saat ini adalah video stop motion. Dimana video stop motion adalah sebuah video yang yang dimana bagian satu ke lainya bisa dihilangkan. Misal objek yang sedang di fokuskan bisa seperti bergerak sendiri karena ketika menggerakkan objek tersebut dihilangkan.

Di youtube kamu akan melihat berbagai karya video stop motion yang begitu menarik. Dimana video tersebut sering digunakan untuk membuat kado ulang tahun ataupun ungkapan lainnya. Video tersebut menarik dan kekinian maka tidak heran jika berbagai orang ingin membuat video stop motion. Banyak yang mengira bahwa membuat sebuah video stop motion harus menggunakan software yang premium dan sulit untuk di mengerti. Padahal sebenarnya kamu bisa memanfaatkan salah satu aplikasi android ataupun iOS untuk membuat sebuah video stop motion. Dimana aplikasi tersebut adalah Picpac dan Lapse It. Kedua aplikasi tersebut bisa kamu andalkan dengan baik. Pengguna dari kedua aplikasi tersebut juga bisa dibilang gampang-gampang sudah sehingga ada baiknya jika kami memberikan sebuah tutorial singkat yang akan memandu anda untuk mudah menggunakan aplikasi tersebut.

Cara Membuat Video Stop Motion Keren Lapse It

Lapse it menjadi salah satu aplikasi yang cukup diminati untuk membuat sebuah video kreatif. Selain untuk membuat sebuah video stop motion, aplikasi ini juga cocok untuk digunakan sebagai video time lapse. Aplikasi ini juga dibekali dengan editor video seperti pemotongan durasi, filter efek visual video, penambahan music dan fitur lainya. Selain itu dalam membuat video stop motion dengan aplikasi ini kamu bisa mengatur waktu lapsing dan frame persecondnya.

Aplikasi Lapse It ini tersedia untuk ponsel pintar dengan sistem android ataupun IOS. Dengan fitur tersebut yang dibawah oleh Lapse it sangat cocok untuk anda gunakan membuat video time lapse. Untuk caranya anda bisa melihat tutorialnya dibawah ini :

1. Download lah aplikasi Lapse it di ponsel pintar anda. Dimana kali ini saya akan mempraktekkanya menggunakan iPhone. Dimana untuk menu navigasinya kurang lebih sama saja dengan versi aplikasi Lapse it untuk android.
2. Setelah proses download aplikasi Lapse it selesai maka selanjutnya buka aplikasi tersebut. Ketika membuka aplikasi tersebut maka akan muncul beberapa pilihan yaitu New Capture untuk mengambil video baru, Gallery untuk membuat video dari galeri anda. Selain itu ada juga menu setting untuk mengatur berbagai pengaturan pembuatan video.
3. Langkah awal anda bisa memilih untuk mengambil video baru atau mengambil yang sudah ada di dalam galeri. Namun saya sarankan untuk mengambil video baru.
4. Ketika mengambil video baru maka untuk membuat video stop motion anda atur dulu menjadi mode stop motion. Caranya yaitu dengan mengklik tombol “2 Second” Lalu pilih yang “Stop Motion”
5. Ketika mode Stop Motion sudah dipilih maka selanjutnya anda tinggal melakukan perekaman dengan mengklik tombol capture lalu menggerakkan objek yang kita fokuskan seperti kumpulan foto.
6. Dimana anda tinggal klik continue dan pause berualang kali. Setelah dirasa pereakam video stop motion selesai anda bisa mengklik stop untuk mengentikan proses perekaman video.
7. Langkah selanjutnya anda tinggal mengatur video anda sesuka hati. Di mulai dari pengaturan durasi hingga frame persecodnya.
8. Selanjutnya anda bisa memotong bagian yang tidak di ingikan pada tab “Trim”.
9. Kemudian pada effect kamu bisa memberikan efek dari video tersebut agar lebih menarik lagi.
10. Lalu pada tab music anda bisa menambahkan sebuah audio. Namun sayang fitur tersebut hanya bisa dinikmati untuk pengguna aplikasi Lapse it versi premium.
11. Kemudian langkah terakhir yaitu menyimpan hasil video dengan mengklik “Render”
12. Selesai

Baca Juga : Aplikasi Android Pemotong Video Terbaik

Pada versi aplikasi Lapse It yang gratis ada keterbatasan fitur sehigga untuk bisa mencicipi semua fiturnya anda harus upgrade aplikasi tersebut. Beberapa fitur yang dibatasi yaitu penambahan music dan ukuran video hanya dibatasi 240 px saja.

Cara Membuat Video Stop Motion Keren Manggunakan PicPac

Sama halnya dengan Lapse It, aplikasi Picpac juga memberikan beragam fitur keren. Dimana justru fitur dari Picpac lebih keren. Karena di Picpac kita bisa menambahkan sebuah music dan menjadikan sebuah video stop motion menjadi gif.

Di Playstore sendiri, aplikasi PicPac ini telah mendapatkan review dan rating yang baik. Dimana sebagian telah puas menggunakan aplikasi tersebut. Untuk membuat video Stop Motion anda bisa mengambilnya dari sebuah video ataupun dari sekumpulan foto. Kali ini saya akan berikan tutorialnya untuk anda agar anda lebih faham lagi.

1. Silahkan download aplikasi PicPac di Playstore. Ukuranya cukup kecil sehingga tidak akan membutuhkan waktu yang lama untuk mendownload aplikasi tersebut.
2. Selanjutnya bukalah aplikasi tersebut. Maka akan terlihat beberapa menu yang bisa dipilih. Untuk memulai membuat sebuah video stop motion maka kamu bisa memilih sebuah foto atau video baru atau bisa mengedit foto dan video yang telah ada.
3. Kali ini saya akan mencontohkan tutorial yang membuat dari foto yang sudah ada. Pastikan foto yang sudah ada sudah tertata dengan rapi sehingga hasilnya juga pas. Untuk itu klik saja yang “Local Photo”
4. Kemudian pilihlah foto yang suka memilih momen yang pas untuk di jadikan stop motion video.
5. Untuk menentukan hasil yang tepat anda bisa melihat preview secara langsung maka anda bisa mengklik tombol Play. Jika masih ada yang kurang anda bisa melakukan pengeditan mulai dari waktu perdetiknya dan juga menghapus foto yang kurang pas.
6. Jika dirasa sudah mendapatkan hasil yang pas, maka anda bisa menyimpan video berikut dengan mengklik tombol di pojok kanan atas.
7. Selesai

Baca Juga : Cara Download Video Instagram

Nah begitulah Cara Membuat Video Stop Motion Keren Menggunakan Android atau iPhone menggunakan dua aplikasi. Dari kedua aplikasi tersebut saya pribadi lebih memilih Lapse It.

Related Post

Cara Membuat Video Stop Motion di Android Dengan 2 Aplikasi | | 4.5