Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Atau Rusak

Wednesday, August 16th, 2017 - Tips

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Atau Rusak – USB Flash Drive atau yang lebih di kenal dengan sebutan flash disk merupakan sebuah perangkat keras ekternal yang berguna untuk menyimpan sebuah data. Flashdisk telah menjadi alat peyimpanan yang praktis karena bentuknya yang kecil dan ringan sehingga bisa anda bawa kemana saja tanpa menyita banyak ruang. Maka tidak heran jika saat ini flashdisk telah menjadi andalan penyimpanan data yang digunakan oleh banyak orang. Flasdisk sendiri telah di buat dengan kapasitas tertentu mulai dari yang 2 GB hingga 1 TB.

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Atau Rudak Pada Komputer


Meskipun mempunyai beberapa keunggulan akan tetapi media penyimpanan flashdisk terdapat kekurangan yaitu memiliki umur taua Read Write. Dengan adanya umur tersebut maka bisa saja flashdisk anda bisa rusak kapan saja sehingga tidak bisa terbaca oleh komputer. Masalah flashdisk tidak terbaca tentu menjadi masalah karena bisa saja sebuah flashdisk tersebut berisikan foto atau dokumen penting sehingga anda bisa kehilangan data tersebut. Ada beberapa penyebab mengapa flashdisk tidak bisa terbaca atau rusak seperti mencabut flasdisk pada saat flashdisk masih bekerja atau anda mencabutnya tanpa melakukan eject flashdisk terlebih dahulu. Atau bisa juga flashdisk tesebut umur read writenya sudah habis.

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Atau Rudak Pada Komputer

Bagi anda yang belum mengetahui cara menangani masalah Flashdisk yang tidak terbaca atau rusak pada komputer. Anda tidak perlu khawatir dan bingung dengan hal tersebut, mungkin untuk anda yang baru pertama kali mengalami hal tersebut akan segera membawa flashdisk anda pada toko komputer yang anda berfikir pasti akan bisa menangani masalah Flashdisk yang tidak terbaca pada komputer. Jika anda bisa menangani nya sendiri kenapa harus mengeluarkan biaya? maka pada artikel kali ini saya akan menyajikan Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca atau Rusak Pada Komputer. Berikut langkah-langkah nya :

1. Mencoba di computer atau perangkat lain
Flashdisk yang tidak terbaca tidak melulu karena flashdisk nya bisa saja itu karena ada masalah para port usb pada computer anda. Maka dari itu anda bisa mencoba untuk memasang flashdisk anda di computer lain. Jika di perangkat atau computer lain flashdisk tersebut terbaca maka bisa jadi usb port computer anda sedang bermasalah namun jiika sama sama tidak terbaca bisa jadi flashdisk tersebut memang sedang bermasalah.

2. Mencari atau mendeteksi drive
Flashdisk tidak terbaca mungkin saja disebabkan karena perangkat yang anda pakai (komputer atau laptop) tidak aktif secara otomatis mencari drive yang terpasang. Oleh karena itu, anda perlu memeriksa nya terlebih dahulu. caranya adalah sebagai berikut :
a. Langkah pertama yaitu dengan memasangkan flashdsik ke computer anda.
b. Lalu pergi ke control panel kemudian pilih add hardware dan selanjutnya klik next atau
c. Kemudian cari tulisan “Yes, I have already connected the hardware” kemudian klik Next
d. Jika flashdisk dalam keadaan baik maka akan ada notifikasi muncul tanda icon flashdrive. Namun jika tidak muncul maka kamu bisa melakukan pencarian lagi dengan mengklik new drive

Baca Juga :

3.  Lewat compmgmt.msc
Cara alternatif lain yang bisa anda lakukan adalah dengan memeriksa compmgmt.msc. Caranya adalah sebagai berikut :
a. Masukan flashdisk anda terlebih dahulu pada port USB di laptop atau komputer anda.
b. Kemudian anda klik kanan di start yang biasanya terdapat di pojok kiri bawah lalu pilih “Run”
c. Ketikkan “compmgmt.msc” (tanpa tanda petik, spasi dan tanpa huruf kapital) di kolom “Run”
d. Kemudian perangkat akan mencari program compmgmt. setelah muncul lalu anda klik program tersebut.
e. Akan muncul berkas, gulir ke bagian tengah hingga menemukan “Disk Management” lalu klik program tersebut.
f. Satelah semua langkah-langkah anda lakukan biasanya flashdisk yang bermasalah tersebut dapat dengan mudah terdeteksi di komputer atau laptop anda.
g. Jika berhasil, maka cari tombol “Create Partition”lalu klik dan format flashdisk anda agar menjadi seperti semula. tentunya dengan membackup terlebih dahulu data-data anda yang anda anggap penting untuk diselamatkan.

4. Menggunakan CMD
CMD memang sangat bermanfaat untuk mengatasi beberapa masalah yang terjadi pada komputer anda salah satunya adalah untuk mengatasi flashdisk yang tidak terbaca. Ada beberapa cara untuk mengatasi flashdisk yang tidak terbaca menggunakan CMD nah berikut adalah caranya :
a. Buka CMD (caranya dengan mengklik tombol “start” lalu klik Run selanjutnya ketikan CMD lalu enter)
b. Tancapkan flashdisk yang tidak terbaca tadi
c. Lalu ketik FORMAT F: / FS:FAT kemudian ENTER. (F merupakan lokasi dari flashdisk)

5. Menggunakan fitur windows
a. Tancapkan flashdisk anda
b. lalu klik kanan pada flashdisk anda pilih “Properties” lalu Tools dan Check Now
c. Berikan tanda Centang kedua option yang ada. “Automatically fix file system errors” dan “Recovery of bad sectors”
4. Lalu anda tinggal menunggunya hingga proses selesai.

Jika menggunakan beberapa cara di atas tapi tidak mempan maka kamu bisa jadi jadi flashdisk anda sudah rusak permanen. Nah, sekarang anda sudah mengetahui Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Pada Komputer. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba…!

Related Post

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Atau Rusak | | 4.5