6 Cara Mengatasi Memori MicroSD Rusak Atau Tidak Terbaca

Saturday, December 10th, 2016 - Tips

Cara Mengatasi Memori MicroSD Rusak Atau Tidak Terbaca – Saat ini banyak jenis perangkat yang digunakan untuk menyimpan data baik video foto ataupun dokumen. Selain flashdisk dan juga hardisk, sudah lama kita mendengar istilah kartu memori atau micro SD. MicroSD merupakan sebuah teknologi penyimpanan memori berupa kartu mungil yang diselipkan pada perangkat portable seperti ponsel ataupun kamera. Kartu yang dikembangkan oleh SD Card Association tersebut saat ini tersedia dalam beragam merek yang dijual dengan harga yang sangat bervariasi di pasaran. Kecil ringkas dan bisa dipindahkan dari satu gadget ke gadget lainya membuat kartu memori atau micro SD banyak di sukai. Selain itu kecepatan membaca dari micro SD juga sangat cepat tidak seperti CD.

kartu-memori-rusak

Sayangnya, dengan segala kelebihan MicroSD, terdapat beberapa kekurangan yaitu antara lain adalah MicroSD merupakan hardware yang sangat sensitif sehingga tak jarang beberapa kali ketika digunakan akan muncul kotak dialog yang menginstruksikan bahwa MicroSD harus diformat ulang atau bahkan tidak bisa terbaca sama sekali. Kartu SD yang rusak tentu itu akan mengecewakan anda selain kehilangan kartu memori hal penting lainya adalah kehilangan data baik berupa foto video ataupun dokumen.

Ketika anda mendapati situasi kartu memori yang tidak terbaca atau rusak, sebaiknya sabar dan lakukan beberapa langkah agar memori tetap aman atau anda bisa mendapatkan file di kartu memori kembali. Sebelum memberikan tutorial kali ini saya akan membagikan terlebih dahulu beberapa informasi mengenai tanda tanda memori atau Micro SD yang akan rusak sehingga anda bisa melakukan back up ke penyimpanan lainya

Tanda micro SD atau kartu memori yang akan rusak

  • Sebagian file baik foto video atau dokumen anda tiba tiba hilang
  • Kartu SD tidak terbaca oleh sistem atau tidak menampilkan folder
  • Ada pesan error saat mencoba untuk membuka foto atau musik
  • Tidak bisa menyalin file dan muncul pesan error
  • Saat anda ingin memasukkanya ke PC ada pesan error yang mengharuskan memformat terlebih dahulu padahal ketika dipindahkan ke gadget lainya bisa

Setelah anda mendapatkan tanda seperti di atas sebaiknya anda menyalin file penting di dalam kartu memori SD Card anda ke penyimpanan lainya seperti Hardisk. Namun jika anda sudah terlanjur mengalami kerusakan pada micro SD anda maka sebaiknya anda melakukan bebarapa langkah dibawah ini untuk memperbaikinya

Cara Mengatasi Memori MicroSD Rusak Atau Tidak Terbaca

Cek  ke Gadget lain

Mungkin alasan kartu memori SD anda tidak terbaca karena adanya kerusakan pada gadget anda untuk membaca kartu memori. nah untuk itu cobalah untuk menyambungkan kartu Sd anda terbaca atau tidak di komputer atau ponsel lain.

Membersihkan memori card

Penyebab memori yang tidak terbaca bisa jadi karena adanya kerusakan pada hardware entah itu kotor atau yang lainya. Anda bisa mencoba untuk membersihkan lempengan kuning di memori sd anda dengan menggunakan penghapus pensil atau yang lainya. Sebelum anda mencabut memori dari ponsel hp pastikan, ponsel anda dalam keadaan mati. Dalam membersihkan lempengan kuning pada memori pastikan anda berhati hati karena justru bisa merusaknya. Setelah dirasa sudah bersih maka cobalah untuk memasukkan memori kartu SD anda ke ponsel kembali apakah sudah terbaca atau belum.

Memperbaiki lewat CMD

Salah satu keruskan yang bisa terjadi pada memori sd card adanya kesalahan dari sistem sehingga anda bisa memperbaikinya dengan menyambungkan SD card anda ke komputer. Step by stepnya adalah sebagai berikut :
Sambungkan kartu memori anda ke PC. Lau lihat letak dari memori anda di bagian mana seperti di H: atau F:
Jika terlihat akan tetapi tidak bisa dibuka maka pergilah ke aplikasi CMD. Jangan lupa untuk membukanya dengan Run Administrator.

cara-memperbaiki-memori-yang-rusak
Setelah itu masukkan tulisan “chkdsk” yang dibelakanganya di ikuti letak dari memori anda dan tambahkan /f_. Contohnya adalah seperti ini chkdsk h: /f_. Lalu tekan enter.
Setelah itu tunggulah prosesnya hingga selesai. Waktu yang dibutuhkan mungkin beberapa menit tergantung dari kerusakan memori SD anda.
Setelah proses selesai maka cobalah untuk melihat kartu memori anda sudah bisa terbaca atau tidak.

Baca Juga :

Lewat Properties

Jika menggunakan CMD terlalu sulit atau tidak berhasil maka cobalah untuk memanfaatkan fitur dari windows itu sendiri. Caranya yaitu dengan menyambungkan memori card anda ke PC lalu klik kanan pada drive. Selanjutnya pilih properties. Lalu klik Tools dan selanjutnya pilih error Checking. Selama pengecekan error maka kerusakan juga akan diperbaiki.

Format Kartu Memori

Jika beberapa cara diatas tidak bisa kamu gunakan untuk mengakses kembali file dalam kartu memori anda maka anda bisa melakukan format dengan pilihan quick format.

Melakukan recovery

Setelah data hilang akibat format memori maka anda bisa memanfaatkan beberapa software recovery file yang bertebaran di internet. Salah satu software untuk mengembalikan file yang rusak terbaik adalah buatan Recuva. Software tersebut pernah saya praktekkan sendiri dan terbukti mampu melakukanya dengan baik.

Nah itu ke-6 Cara Mengatasi Memori MicroSD Rusak Atau Tidak Terbaca. Namun jika semua solusi di atas tidak berhasil maka bisa saja komponen dari kartu memori anda memang rusak sehingga tidak dapat dikembalikan.

Related Post

6 Cara Mengatasi Memori MicroSD Rusak Atau Tidak Terbaca | | 4.5