Tips Memunculkan File pada Flashdisk yang di Hidden Virus

Tuesday, January 3rd, 2017 - Tips

Tips Memunculkan File pada Flashdisk yang di Hidden Virus – Hai Sahabat Teknozia, saat ini banyak jenis Virus baru yang menyerang komputer anda, Modus dan cara kerja dari visrus itu sendiri memiliki banyak macam yang sulit untuk dideteksi. Yang perlu coba anda lakukan pertama jangan panik jika bertemu dengan yang nama nya virus, kedua sobat harus mengenali ciri-ciri komputer yang terinfeksi virus, ketiga lakukan tindakan preventif/perbaikan terhadap PC sobat.

cara-mengambalikan-file-yang-hidden-oleh-virus

Salah satu cara kerja virus yang banyak beredar saat ini yaitu menyembunyikan file yang ada pada komputer, terutama pada flash disk. Ciri nya yaitu isi flashdisk blank atau terdapat shorchut  sehingga mengakibatkan kepanikan bagi si pemilik flash disk. Nah tips dari teknozia kali ini, Anda jangan panik terlebih dahulu, karena selanjutnya anda bisa mengikuti langkah-langkah untuk mengembalikan file terhidden.

1. Menampilkan seluruh isi File dan Folder di Drive kompi sobat

Klik Organize, lalu klik Folder and Search Option, tunggu hingga muncul jendela baru

Pilih tab View (pada Hiden files and folders : pilih Opsi Show hiddden, folders, and dives, selanjutnya buang Ceklist pada Hide empty drives in the Computer folder, Hiden extension for known file types, dan Hide protected operating system files (Recomended) kalau muncul kotak confirmasi sobat klik OK)

Terakhir sobat klik ok

Sekarang sobat lihat kembali isi Flash disk, kalau ternyata disembunyikan oleh virus maka akan muncul 1 buah drive berwarna hitam dan hidden jika sobat buka drive nya sobat akan melihat seluruh isi flash disk berkumpul disana. kalau benar demikian selanjutnya sobat ikuti langkah-langkah untuk memperbaiki nya pada langkah 2.

2. Memunculkan File yang terhidden

Sebelum memulai, pastikan sobat mengetahui posisi drive flash disk tersebut misalkan drive E

Tekan tombol Start + R dari Keyboard lalu ketikkan “cmd” tanpa tanda kutip, maka akan muncul layar jendela cmd

Selanjutnya ketikkan perintah berikut : attrib -r -h -s e:\*.* /s /d seperti yang sobat lihat di gambar, selanjutnya tekan enter keterangan :
attrib = attribut
min (-) = unhide / munculkan file, (sedangkan tanda plus (+) bisa untuk menyembunyikan file).
-r = menampilkan file read-only
-h = menampilkan file hidden
-s = mengembalikan file agar terbaca oleh system operasi
e:\= posisi drive flash disk
*.* = untuk membuka semua ekstention file
/s = sub directory
/d = directory

Tunggu beberapa saat hingga muncul baris baru dan pastikan tidak ada tulisan error

Jika sudah selesai sobat lihat kembali isi flash disk yang ada dalam driver terhidden itu, jika sudah muncul pindahkan kembali file ke posisi semula, dan drive buatan virus itu boleh di hapus.

Perlu diperhatikan :”apabila sistem operasi komputer sobat masih terdapat virus maka hal tersebut akan terulang lagi, yaitu file disembunyikan, jadi pastikan sistem operasi aman dari virus” Cara lain sobat bisa memanfaatkan anti virus yang bisa meng unhide file dan folder. Demikian sobat semoga bermanfaat.

Related Post

Tips Memunculkan File pada Flashdisk yang di Hidden Virus | | 4.5