Cara Memperbaiki Ponsel Yang Rusak Karena Terkena Air

Tuesday, November 15th, 2016 - Ponsel

Cara Memperbaiki Ponsel Yang Rusak Karena Terkena Air – Kerusakan pada ponsel kita bisa terjadi sewaktu waktu. Salah satu kerusakan yang banyak dikawatirkan adalah akibat terkena atau kemasukan air. Jika melihat ponsel kita yang kemasukan air akibat terjadi di selokan ataupun tempat genangan air lainya maka itu merupakan hal yang buruk. Pasalnya ponsel yang sudah kemasukan air maka beberapa hal buruk akan terjadi seperti beberapa hardware rusak ataupun bahkan mati total. Nah untuk itu beberapa ponsel pintar kelas atas seringkali dibekali dengan fitur anti air agar bisa terhindar dari kerusakan terkena air. Namun tentu untuk membeli ponsel pintar dengan fitur tersebut sangat mahal dan sangat menguras kantong. Sebenarnya buakan hanya ponsel saja karena beberapa alat elektronik lainyapun akan rusak jika terkena air.

cara-memperbaiki-ponsel-yang-terkena-air

Jika anda pernah melihat atau mengalami ponsel yang kemasukan air maka ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengurangi resiko yang ada. Beberapa tips tersebut tidak serta merta bisa membuat ponsel anda langsung seperti semula karena bisa jadi telah terjadi kerusakan permanen pada komponsel ponsel atau hp anda. Nah berikut adalah Cara Memperbaiki Ponsel Yang Rusak Karena Terkena Air :

1. Setelah anda melihat ponsel pintar anda masuk ke dalam air maka cepatlah untuk mengeluarkanya agar tidak terjadi kerusakan yang semakin serius.

2. Setelah ponsel sudah tidak berada dalam air maka cobalah untuk melepas baterainya agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah. Karena aliran listrik dari baterai bisa membuat komponen ponsel anda rusak. Selain baterai lepas juga beberapa komponen eksternal yang bisa di lepas seperti memory card dan kartu sim.

3. Lepas semua komponen yang bisa di lepas agar air yang terdapat dalam ponsel anda bisa menguap dan hilang. Komponen yang bisa di lepas misal casing dan lainya.

Baca Juga :

4. Keluarkan air dari dalam ponsel semaksimal mungkin. Anda bisa melakukanya dengan membolak balik ponsel agar airnya keluar atau meniupnya. Selain itu anda juga bisa menaruh ponsel anda di depat kipas angin ataupun mengeringkanya dengan hairdryer. Jika anda ingin mengeringkan menggunakan hairdryer maka jangan sampai menaruhnya terlalu dekat dengan ponsel karena itu bisa mengganggu hardware ponsel anda.

5. Selain mengeringkan bagian dalam jangan lupa juga untuk mengeringkan bagian dalam. Anda bisa menggunakan handuk ataupun kertas.

6. Jangan pernah menekan tombol apapun di ponsel anda karena itu bisa bereaksi pada ponsel anda.

7. Jangan terburu buru untuk menyalakan ponsel anda. Karena bisa jadi ponsel anda masih terdapat air sehingga jika kamu menyalakan ketika masih ada air di dalamnya maka bisa terjadi kerusakan yang lebih parah.

8. Cas baterai ponsel anda menggunakan cas dekstop atau cas kodok.

9. Jika anda yakin bahwa ponsel anda sudah kering maka anda bisa menghidupkan ponsel anda. Hati hati dalam menyalakan ponsel pastikan benar benar sudah kering dari sisa air. Jika kamu belum yakin cobalah untuk membenam ponsel atau hp anda ke dalam beras. Caranya anda bisa menempatkan beberapa kg beras dalam toples atau alat lainya lalu diamkan ponsel anda selama beberapa jam ataupun beberapa hari. Alasan mengapa di rendam di alam beras kering karena beras mampu menyerap air dan melembapkan udara. Selain mengandalkan beras anda juga bisa mengandalkan silica gel.

Meski anda sudah menerapkan cara di atas belum tentu ponsel anda akan kembali normal karena bisa saja sudah terjadi kerusakan sebelum melakukan beberapa cara di atas. Namun saya berharap setelah melakukan cara di atas ponsel anda yang sudah kecemplung atau kemasukan air bisa kembali dengan normal. Nah sekian informasi kali ini tentang Cara Memperbaiki Ponsel Yang Rusak Karena Terkena Air semoga bisa bermanfaat untuk anda.

Cara Memperbaiki Ponsel Yang Rusak Karena Terkena Air | | 4.5